VPS

 PENGERTIAN







Virtual Private Server atau yang biasa disingkat menjadi VPS sebenarnya adalah salah satu jenis web hosting yang bisa digunakan untuk membuat sebuah website bisa tampil secara online dan bisa diakses oleh banyak orang diluar sana. Namun berbeda dengan shared hosting, VPS adalah server pribadi yang hanya digunakan oleh satu user saja.


fungsi vps

1.web hosting

    fungsi utama dari VPS. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, VPS pada dasarnya adalah web hosting. Namun yang membuat jenis web hosting ini berbeda dengan shared hosting yang biasa kita gunakan adalah pelayanan yang diberikan.

2.file hosting

   web hosting yang umum digunakan seperti shared hosting tidak bisa digunakan untuk melakukan file hosting. Ini karena file hosting akan memakan terlalu banyak disk space pada server. Namun, hal itu tidak berlaku kalau web hosting yang kamu gunakan adalah VPS.

3.layanan vpn

   Selain VPS, VPN juga merupakan istilah yang familier di negara kita. Bukan cuma familier bagi mereka yang berkecimpung di dunia IT, tapi juga mereka yang awam dan hanya menggunakan internet untuk kebutuhan sehari-hari. Istilah VPN tidak asing karena banyak dari kita yang sering menggunakannya untuk mengakses media sosial atau website yang diblokir oleh pemerintah. Cara paling mudah untuk menggunakan VPN adalah dengan menginstal aplikasi VPN yang banyak tersebar di Google Play.

4.back up server

   Manfaat lain yang bisa kamu gunakan saat memakai layanan Virtual Private Server adalah kamu bisa memanfaatkannya sebagai back up server. Seperti yang kita tahu, sebagus atau sehebat apapun server yang kita gunakan untuk website kita, namanya ancaman hacking akan tetap ada. Apalagi kalau situs yang kamu jalankan sudah besar dan memiliki banyak pengunjung, maka ancaman pada keamanan website juga akan semakin besar.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

SPESIFIKASI PC