SERVER

PENGERTIAN








  server adalah sebuah sistem komputer yang menjalankan jenis layanan sebuah jaringan komputer.server di dukung oleh prosesor yang bersifat scalable atau dapat terskalakan dan RAM yang besar dan juga dilengkapi dengan sistem oprasi khusus yanga disebut sebagai sistem operasi jaringan.

server berperan penting dalam menyediakan layanan akses lebih cepat untuk mengirim atau menerima data maupun informasi yang tersedia pada server dalam bentuk fisiknya,server berwujud jaringan komputer dan memiliki ukuran yang sangat besar dengan beberapa komponen pendukung prosesor RAM yang berkapasitas besar.


CARA KERJA SERVER

 server bekerja jika ada permintaan dari klien yang terhubung dalam satu jaringan. Intinya, semua jenis server memiliki cara kerja yang hampir sama yaitu mengikuti permintaan (request) klien. Perbedaannya hanya pada implementasi layanan dan fungsinya sesuai dengan jenis server.



FUNGSI SERVER

1.menyimpan data dan informasi
2.mengatur lalu lintas transfer data
3.melayani request komputer client
4.menyediakan data base


JENIS JENIS APLIKASI SERVER

1.web server
     jaringan komputer yang melayani permintaan HTTP dan HTTPS. Sederhananya, web server digunakan untuk menjalankan website. Server ini berperan dalam memproses dan menyimpan data website, seperti dokumen HTML, file CSS, dan file Javascript.

2.mail server
    mail server berfungsi untuk pengelolaan dan penyimpanan data email pengguna. Mail server memiliki dua protokol untuk mengelola surat yang masuk dan surat keluar.

3.application server
     Application server biasa digunakan dalam proses mengeksekusi sebuah prosedur, misalnya program atau script sehingga suatu aplikasi bisa dijalankan.

4.data base server
    Database server adalah server yang menyediakan layanan pengelolaan basis data agar pengguna bisa mengakses dan mengambil data.

5.ftp server
    File Transfer Protocol atau FTP server adalah sebuah protokol internet yang dirancang supaya pengguna dapat men-download dan meng-upload file. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SPESIFIKASI PC