FTP SERVER

 PENGERTIAN


FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol yang bertugas untuk menjembatani pertukaran informasi di dalam suatu komputer melalui suatu jaringan dengan koneksi TCP (Transmission Control Protocol).

Berbicara tentang FTP, ada dua hal penting yang perlu diketahui, yaitu FTP server dan FTP Client. FTP Server adalah server yang menjalankan software (aplikasi) sehingga dapat menyediakan layanan tukar menukar apabila ada permintaan dari FTP client. Sedangkan, FTP client adalah komputer yang kamu gunakan untuk melakukan berbagai aktivitas downloaduploadrenamedelete, dan sebagainya.

Singkatnya, FTP Server memiliki dua tugas sederhana yaitu "get" (mengambil) dan "put" (menempatkan). Kamu bisa mengambil file dari server FTP atau menempatkan file tersebut di server FTP. Saat kamu mengunggah filefile tersebut akan diteruskan dari perangkat pribadi kamu (FTP Client) ke server. Sebaliknya, saat kamu mengunduh filefile tersebut akan diteruskan dari server ke perangkat pribadi yang kamu miliki (FTP Client). Agar proses transfer data dapat berjalan, pastikan FTP Client telah terhubung dengan FTP Server.


FUNGSI FTP

  • Mengunggah halaman website ke internet melalui web server atau web hosting.
  • Melakukan pengunduhan dan pengunggahan file.
  • Mendistribusikan file revisi pada program yang biasanya dilakukan dalam proses pengembangan website. Kamu dapat mengelola transfer file dengan sesi FTP dengan mudah untuk mengunggah file tertentu, menambah file gambar, memindahkan template gambar, dan lain-lain.
  • Mengirimkan data dalam ukuran yang besar. Dibandingkan menggunakan email yang hanya menyanggupi pengiriman data maksimal 25 MB, FTP dapat menjadi salah satu solusi jika kamu ingin mengirimkan data atau file dalam ukuran yang besar sekaligus dalam waktu yang cepat.
KELEBIHAN FTP

  • Mempermudah mengunggah dan transfer data.
  • Bisa mengunggah data dalam jumlah banyak tidak perlu satu persatu
  • FTP mampu menjembatani pertukaran informasi dan file antar komputer.
  • FTP mampu melakukan backup data dan file, termasuk restore pada sebuah website.
  • FTP dapat digunakan sebagai indirect computer atau implicit remote computer.
CARA KERJA FTP

FTP bekerja dengan mengandalkan autentikasi standar yang meminta pengguna komputer memasukkan username dan password untuk bisa mengakses data. Setiap kali kamu ingin mengunduh, mengunggah, ataupun melakukan aksi lain terhadap data dalam komputer, maka diperlukan akses dari FTP untuk mengabulkan perintah yang kamu lakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SPESIFIKASI PC